Monday, June 15, 2015

Keliling Dunia di Jakarta

Keliling duniaa? siapa yang ga mau sih. Nah tapi, karena hingga saat ini masih sibuk untuk nabung buat trip keliling dunia, let's start with something small. Biasanya bila akhir pekan datang, kebiasaan saya dan Wenny untuk hunting tempat makanan baru atau tempat makanan seru dimulai. Nah kenapa keliling dunianya ga dimulai dari makanannya dulu?Mulai dari seputaran Jakarta hingga melipir ke Jakarta coret seperti Serpong, Bintaro ternyata banyak banget restoran seru yang membuat kita serasa keliling dunia loh. Berikut ini beberapa restorannya, Let's our tour begin

1. Umaku Sushi Resto


Ini adalah resto sushi pertama di luar mall yang paling saya suka, saat ini sudah memiliki beberapa cabang, namun yang paling sering saya datangi adalah Umaku Sushi Resto di Duren Tiga. Makanan di sini enak-enak dengan harga yang bersahabaat *makanya kalo pesan salmon salad bisa berkali-kali* ah iya, One more thing that I love the most is OMAKASE. Pertama kali saya dengar metode pemesanan makanan dengan "Omakase" ya baru di restoran ini. Artinya secara harfiah adalah "Leave it to the Chef"jadi dengan membayar paket omakase tertentu nantinya kita akan disajikan berbagai macam makanan yang langsung dibuat oleh chef di Umaku ini, seruu loh. Kalo mampir ke Umaku, jangan lupa untuk pesan Volcano Roll dan Salmon Saladnya yah JUARA!

Umaku Sushi Resto
Jl. Duren Tiga raya no.32
Jakarta Selatan
Ph: 021 79170337

2. Moi Bistro


Dari Jepang, kita beralih ke Negara di Asean yaitu Vietnam. Sebelum mengenal Moi Bistro, sebenarnya saya lebih suka Phobar di Fairgrounds SCBD, tapi berhubung sekarang sudah tutup well I have to find another Vietnam Resto. Moi Bistro kebetulan terletak tidak jauh dari rumah, restoran ini di dominasi warna merah dan hitam diinteriornya. Menu makanannya memang tidak sebanyak Phobar, tapi makanannya tidak kalah enak. Saya belum sempat icip Phonya, namun menu lain seperti Vietnamese Spring Roll dan Lemongrass Chicken with Potato Gratin sudah lebih dari cukup untuk membuat saya suka dengan restoran ini. Jangan lupa icip vietnam coffee dripnya yah kalo ke sini, well meskipun sebenarnya minum kopi di Vietnamnya sendiri lebih asik di kedai-kedai pinggir jalan.

Moi Bistro
Jl. Gunawarman No.71
Jakarta Selatan
Ph: 021 27510244

3. Poblano Mexican Grill


Buat yang mau icip makanan Mexico namun sudah disesuaikan dengan lidah kita, saran saya coba ke Poblano Mexican Grill ini. Lokasinya sendiri berada di Pacific Place Mall di daerah SCBD. Menu yang ditawarkan Poblano tidak terlalu banyak, hanya Burrito, Taco, Burrito Bowl dan Salad Bowl. Untuk isiannya sendiri ada Beef, Chicken, Pork atau Veggie. Jika memilih Veggie, isian yang akan diberikan adalah Guacamole (Mexican seasoned Avocado puree). Porsi makanannya juga besar jadi cocok buat makan siang dengan harga yang juga reasonable. Jadi Besok siang kita ke Poblano?

Poblano Mexican Grill
Pacific Place Mall 5 floor
(021) 57973199
Instagram

4. Signora Pasta


Bergerak agak menjauh sedikit dari Jakarta dan mampir ke Signora Pasta. Interior restoran Italia ini tampak simple dan didominasi warna terakota. Menu Pizza dan Pasta yang ditawarkan Signora Pasta ini cukup variatif dan sempat sukses membuat saya kebingungan. Senjata terakhir adalah bertanya ke Staff, apa menu favorite di tempat tersebut. Hasilnya saya dan teman memesan Canneloni, Lasagna dan Ravioli Carbonara. Menu favorite saya adalah Canneloninya, saus creamy-nya gurih dan enak plus tidak bikin eneg dan rasanya ngga cukup pesan satu porsi, heheheheh. Teman saya bilang, Pizzanya juga enak, well I think It's a code to have another visit.  

Signora Pasta
Bintaro entertainment X'nter GF
FACEBOOK | TWITTER

5. Republic of Burger


Sebelum kembali ke "Indonesia" sekalian mampir ke Restoran burger satu ini yah, meskipun awalnya Hamburger berasal dari Hamburg, Jerman tapi makanan ini justru tersohor di Amerika dan serasa menjadi makanan khas di sana. and if you guys wondering why it called Hamburger, "Ham" is stand for "Hamburg" tempat makanan ini berasal. Republic of Burger ini sendiri saat ini memiliki 2 gerai, Kemang dan Bintaro. Menu favorite di sini versi restonya adalah Republican Burger, sedangkan menurut saya justru Volcano Monster Burger mereka yang juara. Selain menjual Burger, Hotdog dan Fries, di Republic of Burger juga menjual pasta dan chicken wings. Untuk informasi tambahan, jika kalian memesan kentang goreng, coba deh upgrade pesana kentang goreng kalian ke waffle atau curly fries, dan pesan The Fries Monster :3 yummyy.

Republic of Burger
Ruko Kebayoran Arcade 2 Blok B1
Bintaro Sektor 7

Karena perjalanan hunting makanan "keliling dunia" ini ada di seputaran Jakarta, kita butuh banget kendaraan hemat bahan bakar yang juga nyaman untuk dikendarai. Saran saya sih, coba deh pake Toyota Agya, mobil LCGC satu ini ga cuma kece Exterior dan Interiornya aja tapi juga mesin kendaraannya. Jadi meskipun digunakan di Jakarta yang macet, dijamin nyaman, hemat bahan bakar dan pastinya bisa jadi kendaraan yang pas juga untuk para first jobber di luar sana.

Friday, June 5, 2015

[Jakarta] Happy Tummy on Happy Day Resto - Juanda, Jakarta Pusat


"Restoran ini sudah berdiri selama 22 tahun" seru mba Merlin, Marketing Manager restoran ini. Saya langsung berfikir, astaagaaaa hampir seumuran gini? *dilempar sendal* *ahh kan cuma beda 4 tahun, seumuran dongg*

Yap, restoran Happy Day yang terletak di daerah Juanda - Jakarta Pusat ini ternyata sudah lama beroperasi. Herannya saya tidak pernah ngeh kalo ada restoran ini, padahal jika dilihat dari exteriornya yang berwarna hijau seharusnya eye catching, ah mungkin saya aja yang jarang bermain ke daerah sini yah.

Tampak luar restoran ini terlihat mungil dengan aksen bentuk depan "Barnyard" dengan cat warna hijau terang. Namun begitu masuk, ternyata tempak ini luas dengan langit-langit resto yang tinggi. Suasana mixed antara pedesaan, industrial dan nuansa koboi terasa begitu kental pada dining room yang membuat suasana makan terasa hangat dan nyaman. Konsep dapur dibuat terbuka sehingga pengunjung dapat melihat atraksi para chef di belakang layar.


Menu makanan di Happy Day Resto ini juga banyak variasinya loh, dari Makanan Indonesia, Chinese, Italian dan Western. Jadi jika mampir ke sini dengan teman-teman yang ramai ga usah takut kehabisan ide menu makanan untuk dipesan.

Di depan "open kitchen" terdapat salad bar yang berisi sayuran dan buah-buahan fresh yang bisa dengan mudah dipilih oleh pengunjung, duh liat buahnya yang seger-seger berasa langsung mau comot.


Mampir ke restoran, ga lengkap kalo ga bahas makanan dan minumannya kan, nih beberapa menu yang disajikan saat itu.

Menu pertama yang disajikan adalah Happy Day Delight, minuman dingin yang seger dan manis ini berhasil menyejukan suasana siang yang panas (iyaa di luar resto panas benerr loh). Minuman ini terbuat dari campuran jus melon, sirup grenadin dan air soda.

Happy Day Delight 17,9K

Menu makanan pembuka yang disajikan Happy Day ke kami adalah mushroom soup yang juaraa banget rasanya. Mushroom soup ini kekentalannya pas menurut saya dan irisan mushroom di dalamnya juga banyak. Rasanya enak dan gurihnya tidak overpowering sehingga tidak membuat eneg.

Mushroom Soup 18,9K

Dilanjutkan dengan Pasta Aglio Olio yang lengkap dengan irisan cabe rawit merah besar. Eitss, pasti bingungkan kenapa saya bisa makan makanan pedas ini, khusus untuk menu ini saya sempat request Aglio Olio yang tidak pedas, jadi saat yang lain huhu haha karena kepedasan, saya tetap makan centil dan cantik. Bumbu Aglio Olionya pas, spaghettinya juga tingkat kematangannya pas atau bahasa kerennya al dente dan satu lagi yang paling penting buat saya adalah pasta ini tidak terlalu berminyak. Enakk bener chef :)

  Aglio Olio 31,9K

Masih dengan menu Italian, sekarang beralih ke menu Pizza. Beef Lover Pizza yang disajikan Happy Day resto dapat disajikan hingga 6 potong, cocok buat sharing tapi boleh juga kok kalo mau makan sendirian. Lagi-lagi isiannya juga generous alias banyaakk, isian smoked beed, paprika, saus tomat dan mozarella cheesenya dijamin bikin minta nambah. Dough pizza Beef Lover ini tebal tapi tetap garing, I LIKE IT.

Beef Lover Pizza 31,9K

Masih kuat perutnya? lanjut lagi cobain Monster burgernya yuk. Ini adalah menu burger dengan ukuran yang tidak biasa. Bahkan saat perut saya kosong sekalipun, saya tidak yakin bisa menghabiskan burger ini seorang diri. Beef pattynya well seasond dan juicy dengan kematangan yang pas jadi ga sampai ada burn tasted yang berlebihan dimulut. Sama halnya dengan dough pizza yang garing, bun alias roti di burger ini juga garing dan ini yang buat saya makin suka. I prefer to get toasted burger. Setiap menu Monster Cheese burger ini disajikan dengan salad sebagai side dish.

 MONSTER cheese burger 13,9K

Perut udah kenyang banget nih, but There NEVER SAY NEVER for dessert, right? so here you go. The phenomenal CHOCOLATE MELT. Akhirnya bahagia banget bisa dapat Lava Cake yang sempurna (maklum pernah order lava cake di Malang dan hasilnya kurang oke) dan rasanya juga oke banget. Hanya saja Ice cream sebagai pelengkapnya terlalu cepat meleleh dan terlalu manis, so I prefer to finish my cake :)

Chocolate Melt 28,9K

And the end of that day, my tummy was VERY BERY HAPPY. Thank you Happy Day Resto for such a great experience Lunch service. Lain kali mampir ke sini saya mau coba masakan Indonesianya ahhh .

Happy Day Resto
Jl. Ir H Juanda No.19
Jakarta Pusat

Wednesday, June 3, 2015

[Jakarta] Madera Kitchen - Dharmawangsa Square

Berlokasi di selatan Jakarta, gerai ke dua Madera Kitchen boleh dibilang tidak seluas gerai sebelumnya yang berada di daerah Kemang. Di Restaurant Madera Kitchen Dharmawangsa Square ini, meskipun dengan luas yang terbatas namun tetap terkesan hangat dan hommy, mungkin karena pemilihan furniture dan cahaya lampu yang digunakan. Di event re-launching Madera Kitchen bersama Zomato kali ini saya juga berkesempatan berkenalan dengan beberapa reviewer Zomato lain yang sebelumnya belum pernah bertemu. 

Makanan yang disajikan Madera Kitchen adalah Western food, Ibu Atun selaku pemilik juga ikut terjun langsung dalam pemilihan menu, resep hingga quality control makanan yang disajikan di sini. Ibu Atun juga ramah banget. Dari beberapa menu yang saya icip, favorite saya Lemon Pan Seared Fish on bed of Spinach *tarik napas* iya nama makanannya agak panjang. Ikan yang digunakan adalah ikan dory dengan kualitas yang baik, ikan yang digoreng menggunakan tepung ini juga well cooked, luarnya crispy namun ikan didalamnya tetap juicy. Saucenya juga ga kalah enak, it’s not too creamy with a lil bit of green color, ya karna memang ada sautéed spinach-nya yang juga dicampur ke sauce. 



Their fish and chips was okay, yang special dari menu ini adalah chipsnya yang dimasak menggunakan truffle oil, you will sense a different taste of fries here. Madera’s Big Breakfast was one of their favorite menu depends on Ibu Atun, terdiri dari croissant, scrambled eggs with truffle oil, sausages, roasted tomatoes, potato gratin and house salad & dressing. Sementara Truffle Oil Scrambled terdiri dari Puff pastry yang diatasnya terdapat scrambled eggs with sprinkled truffle oil served with sautéed garlic mushrooms, salmon and house salad & dressing.



Untuk menu yang lebih mengenyangkan lagi, Madera Kitchen punya Steak & Frites dengan 2 pilihan with red wine sauce or without. Tapi keduanya tetap terdiri dari 200gr Rib-eye, served with homemade pomme frites, sautéed garlic mushrooms, sunny side up and roasted tomato.Sedangkan untuk hidangan penutupnya ada Pancake Galore dan Banana Crepe dan setiap hari akan ada homemade pastry and cakes yang bisa saja berubah-ubah menunya, saat itu saya icip Lemon Meringue Tart, and it was really good and became the Queen of the day after the dinner service, I’m not lying as I am not a big fan of sweet and too sweet cakes this tart really save my life. Perpaduan meringue, lemon curd dan lapisan tartnya betul-betul enak dan lumer dimulut, and yes one slice will never enough. 




Overall, I had a great dinner experience at Madera Kitchen Dharmawangsa Square, and I think it will not become my last visit :D

Madera Kitchen
Dharmawangsa Square Ground Floor
Jl. Dharmawangsa VI no. 38
Ph: 021 72786760

Tuesday, June 2, 2015

[Jakarta] Fatback - Fx Sudirman, Senayan


Kali ini, saya diundang Zomato untuk icip menu-menu baru FatBack, sebuah resto dengan konsep "anak muda" banget. Di resto ini kita banyak menemukan pop style artworks dan mural-mural kece, dengan ambiance dining yang casual dan santai. Meskipun lokasinya strategis dan ada di kawasan "mahal", FatBack tetap hadir dengan reasonable price. 2 tahun lalu, saya pernah loh review Fatback gelato mereka, but too bad sekarang mereka sudah tidak menjual Gelato lagi."Vendornya sudah nggak masok gelato ke kita lagi" yaahhh jawab saya dengan sangat kecewa ketika Edward, owner Fatback menjawab pertanyaan saya tentang gelatonya.


Menu baru Fatback ini adalah All-day breakfast yang super yummy, creamy and cheesy, absolutely you will get you back FAT here!!. Menu pertamanya adalah Pompom chicken Fatback dengan dua pilihan sauce, Philly sauce yang creamy dan BBQ Sauce. Their drumsticks chicken were so tender and deep seasoned. My favorite was Philly sauce, it was really creamy and savory. Menu Pompom Chicken ini memiliki kejutan tersendiri, begitu digigit and yes that moment you will realized there is mozarella cheese inside the chicken that will melt in your mouth, once again so yummy. 



Next menu are Grilled Cheese Mushrooms Sandwich and Egg in a Hole. Kedua menu tersebut merupakan an elevate sandwich menu. Egg in a hole menu was just okay, appearance-nya memang unik, tapi ini memang serupa sandwich dengan smoked beef dan fried egg biasa. Tapi kalo Grilled Cheese Mushrooms Sandwich ini enaak, dipenyajiannya juga diberikan potato chips yang cripsy (they called it skinny fries) dan enak. Campuran filling creamy mushroom, mozarella cheese dan bawang bombaynya juga sesuai, awalnya saya kira akan terlalu thick dan bikin eneg, but it turns out good.



Selain beberapa menu di atas, ada juga Sloopy Sub, Philly Cheesesteak double stack dan Fatback burger yang berhasil mendarat dengan manis di perut. Fatback Sloopy Sub made of minced beef sauteed with tomato concase, hot sauce and a bit of green pepper. Ada sedikit kick of spicy pastinya di menu hot dog ini karena campuran hot saucenya, daging cincangnya dibumbui dengan baik dan the most important thing it has generous filling :) (happy tummy). Masih kuat makan lagi? kalian bisa juga coba menu burgernya, kalo ga kuat sendiri makan berdua teman juga boleh kok, ada Philly Chesesteak Double Stack yang terdiri dari 2 tumpuk berisi dua tumpuk roti burger dengan isi sliced sauteed sirloin with mushrooms and homemade cheese sauce, ini adalah menu favorite di FatBack Resto loh, jadi jangan sampe ga coba. Sedangkan Fatback Burger terdiri dari homemade beef patty yang disajikan dengan bawang bombay, my fave skinny fries, and melted cheddar cheese, kedua menu burger ini sama-sama disajikan dengan french fries, eh iya penyajikannya juga american style banget, dengan tempat plastik bolong-bolong yang dilapisi kertas. My recommendation, try their FatBack Burger, Patty yang mereka buat well seasoned, tebal dan lembut. My suggestion, they should toast the bun longer, so it will tastier. Since, the filling was so generous, SIAP-SIAP makan enak sambil BELEPOTAN!



FatBack
fX Lifestyle X'nter FB #19 i
Jl. Jend Sudirman, Pintu Satu Senayan
Jakarta Selatan