Monday, April 10, 2017

[Jakarta] Mie Aceh Habiby - Tebet


Udah pada tau kan kalo ragam masakan Indonesia tuh banyaaaak banget? mulai dari barat sampai timur punya menu masakan khas masing-masing. Nah bahagianya tinggal di Jakarta tuh, semua menu dari penjuru Indonesia ada restorannya. Kalo lagi kangen sama Mie Aceh, nih ada satu gerai Mie Aceh di daerah Tebet namanya Mie Aceh Habiby. Restorannya buka dari jam 11 siang hingga tengah malam hari. Lokasinya juga mudah kok dicari karena terletak tidak jauh dari Pasar Tebet.

Kopi Aceh in the making

Salah satu yang paling saya suka dari restoran Mie Aceh adalah live-action di dapurnya. Yess, mulai dari pembuatan kopi, teh tarik hingga pembuatan menu mie acehnya. Menu utama dan andalan di warung makan ini tentunya Mie Acehnya, Mie acehnya juga bisa dipilih dengan tambahan bermacam campuran mulai dari telur, udang, cumi, daging, ayam dan yang paling banyak campurannya adalah Tsuna-mie. 

Pembuatan martabak dan roti canainya juga ga kalah seru

Nasi goreng Tsunami

Tsuna-mie Tumis in the making, ga sabar buat icip

Selain Mie Aceh, menu yang bisa dipesan di tempat ini adalah nasi goreng, martabak dan roti canai. Roti canainya juga ada dua macam pilihan, mulai dari yang manis seperti campuran meses, keju dan susu hingga gurih seperti tambahan kuah kari dan kari kambing.  

Meja makan siang kami yang penuh dengan semua menu masakan Aceh

Martabak telur kuah kari

Roti canai komplit

Primadona untuk saya dan teman-teman adalah si Tsuna-mie tumis, semua topping mie aceh jadi satu disitu mulai dari seafood, ayam, daging pokoknya campur jadi satu. Mienya lembut dan bumbunya meresap ke mie, ternyata ada teknik khusus saat masak menu yang satu ini. Saat kami sempat intip cara buatnya, ternyata setelah mie dimasukkan ke bumbu kuah penggorengannya akan ditutup supaya bumbu meresap ke dalam mie. Selain itu ada juga nasi goreng Tsunami, lagi-lagi nama "tsunami" digunakan untuk menggambarkan campuran di makanan tersebut. Sama seperti di menu mie, nasi goreng tsunami juga memiliki banyak campuran seperti seafood, daging dan ayam. Porsi tiap-tiap menu juga banyaak dan dijamin kenyang. 

Tsuna-mie tumis, favorit kami dan sampai berebut mau foto

Nasi goreng Tsunami

Untuk menu minuman, juga ada beberapa minuman khas Aceh seperti Sanger, Kopi Aceh dan es teh tarik. Cara pembuatan ketiga menu tersebut juga unik loh, karena campuran kopi dan atau susunya harus ditarik-tarik dan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lagi dengan teknik khusus. Yes, saya sih ga yakin bisa yang ada mungkin jadi tumpah semuanya, hihihihihi. Oh iya untuk menu teh tariknya bisa disajikan panas atau dingin kok. Selain ketiga menu tadi, ada juga menu minuman yang seger-seger seperti es timun serut dan rujak manis aceh. Es timun serutnya seger dan rujak manis Acehnya juara banget ngingetin saya sama rujak serut campur yang biasa disajikan saat acara 7bulanan, pedas, asem, manis. 

Kiri ke kanan: Sanger, Kopi Aceh dan Es teh tarik

 Kiri ke kanan: Es timun serut dan Rujak manis Aceh

Wihii sekarang saya udah tau deh musti ke mana kalo lagi kangen makan Mie Aceh. I really had a good lunch here dan ga sabar buat balik lagi. Di tempat ini, semakin sore malah semakin rame loh dan tempatnya memang cocok untuk kumpul bareng keluarga dan teman-teman. 

Mie Aceh Habiby
Jl. Tebet Barat Dalam no.69
Tebet, Jakarta Selatan
Ph: 0878 87 143341
Location: South Jakarta, South Jakarta City, Jakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment